Perkembangan sistem informasi dalam kehidupan manusia seiring dengan peradaban manusia itu sendiri sampai akhirnya mengenal istilah "Teknologi Informasi" (Information Technology). Dimulai dari bentuk gambar yang tak bermakna pada dinding-dinding, prasasti-prasasti, sampai informasi yang kemudian dikenal dengan nama internet. Informasi yang dikelola dan disampaikan juga terus dikembangkan, dari informasi yang sederhana, seperti sekadar menggambarkan suatu keadaan, sampai pada informasi strategis seperti taktik bertempur.
Teknologi informasi merupakan gabungan antara teknologi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Pengembangan teknologi hardware cenderung menuju ukuran yang kecil dengan kemampuan serta kapasitas yang tinggi, namun diupayakan harga yang relatif semakin murah.
Perkembangan teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja. Perkembangan teknologi informasi telah memunculkan berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi, seperti e-government, e-commerce, e-education, e-medicine, e-laboratory, dan lainnya, yang semuanya itu berbasiskan elektronik.
Sejarah Perangkat Lunak
Perangkat lunak ialah sebuah instruksi langsung komputer untuk melakukan pekerjaan dan dapat dijumpai dalam kehidupan modern dari aplikasi maps, sosial media dan video game. Sejauh ini perangkat lunak telah berkembang dalam 4 masa yakni: 1945 hingga 1965, 1965- hingga 1985, 1985 hingga 1989, 1990 hingga 1999 dan 2000.
Pada masa awal perkembangan nya, banyak terjadi kegagalan pada program komputer dan krisis yang diakibatkan tak ada nya penetapan standar baku untuk penulisan baris kode, selain itu dikarenakan juga perkembangan perangkat keras yang lebih cepat dibanding perangkat lunak, desain yang kurang dan begitu juga dengan sumber daya. Hal-hal tadi memperkuat krisis yang terjadi pada masa-masa awal perkembangan perangkat lunak.
Perkembangan Perangkat Lunak dalam beberapa era :
- Era pemula, Pada mulanya bentuk perangkat lunak adalah sebuah sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer. Komputer saat itu masih dilakukan secara langsung. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan bersama perangkat keras.
- Era stabil, Pada era stabil,penggunaan komputer telah banyak dipergunakan,tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademisi saja,tetapi juga oleh kalangan industri. Perusahaan perangkat lunak juga saling bermunculan dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi. Di era ini, perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk. Sebuah perangkat lunak mampu digunakan oleh banyak pengguna (multi user) secara cepat dan langsung (real time), dan sistem basis data yang memisahkan program (pemroses) dengan data (yang diproses) mulai dikenal
- Era Mikro, Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perseorangan.Perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani sisi internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu.Otomatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah pada suatu jenis kecerdasan buatan
- Era modern, Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, sebuah komputer genggam pun telah dilengkapi dengan perangkat lunak yang dapat disinkron-kan dengan personal computer.Tidak hanya komputer, bahkan peralatan,seperti telepon,mesin cuci, dan oven, telah masukkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu. Lebih hebat lagi,setiap peralatan itu mungkin suatu saat kelak akan dapat saling terhubung.Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelintir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangan nya.Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan sekarang ini oleh perangkat lunak pun semakin meningkat.
Sejarah perangkat keras
Sejarah dan perkembangan hardware komputer tidak terlepas dari peran Alan Turing seorang ahli matematika asal Inggris ketika pada tahun 1937 membuat analisis teori untuk pengembangan komputer serbaguna mengingat semakin berkembangnya dan banyaknya kebutuhan masyarakat. Alan Turing bekerja di pusat pemecah kode Inggris selama Perang Dunia 2 dan memecah kode enigma Jerman.
Perkembangan komputer dari masa ke masa selalu mengalami peningkatan.Pada awalnya komputer bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati pada zaman sekarang.Dulu komputer diciptakan hanya sebagai alat untuk mempermudah dalam penghitungan atau lebih mudahnya sebagai mesin hitung matematika.Tetapi seiring dengan perkembangan zaman komputer ini terus ber-evolusi menjadi mesin serbaguna khususnya pada bidang industri dan penelitian.
Kata dasar komputer berasal dari kata compute yang berarti (menghitung). Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage, kecerdasannya logika matematika nya yang sangat spesial membuatnya mampu menciptakan sebuah mesin yang disebut dengan nama Analytical Engine pada tahun 1882, sebuah mesin yang berfungsi sebagai alat perhitungan-perhitungan umum.
Hardware komputer tidak hanya berbicara hal seperti keyboard,mouse,atau hard drive saja melainkan meliputi semua komponen termasuk fisik yang ada pada komputer.
Sejarah dan perkembangannya terbagi menjadi beberapa generasi:
- First Generation Komputer Dinosaurus (1940-1959). Generasi ini dimulai dengan diciptakan nya sebuah mesin yang bernama ENIAC pada 5 Juni 1943, yang merupakan singkatan dari Electronic Numerical Integrator and Computer. Diciptakan dengan kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri atas 18.000 buah tabung vakum, 70.000 buah resistor,10000 buah kapasitor,75000 relay serta saklar, luas tempat lebih dari 500m2, volume 105 m3 dan 5 juta titik solder. Berat komputer ini lebih dari 30 ton, dan mengkonsumsi daya sebesar 160 KW. ENIAC merupakan komputer digital pertama.Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan Dr.John W.Mauchly (1907-1980).
- Second Generation (1959-1964). Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang sangat drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer pada tahun 1956.Penemuan lain berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil,lebih cepat,lebih dapat diandalkan,dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah super komputer.
- Third Generation (1964-1970). Ditemukanlah bahwa batu kuarsa (quartz rock) bisa menyelesaikan permasalahan panasnya transistor yang dapat merusak bagian internal komputer. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan integrated circuit (IC) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen kedalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip.
- Fourth Generation (since 1970). Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) dapat memuat ribuan komponen dalam satu chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berkurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.
- Fifth Generation. Komputer dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), komputer yang cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri merupakan salah satu produk keluaran di generasi kelima. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun, fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian daripada sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.
Referensi:
Nuryanto,
Hery. (2012). Sejarah perkembangan teknologi dan komunikasi. Jakarta : Balai Pustaka.
Simmarmata, Janner. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta :
Andi Offset.
Jr,
Raymond Mcleod dan Schell. (2008). George P. Management Information
System (10th ed)(Ali Akbar dan Afia R, Terjemahan). Jakarta: Salemba Empat.
Fauziah.
(2008). Jago Teknologi Informasi & Komunikasi SMP. Jakarta : Media Pusindo.
Apsiswanto,
Utoro dan Muharni, Sita. (2022). Sistem Operasi. Malang : Literasi Nusantara Abadi.
0 Komentar